A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: fopen(/var/cpanel/php/sessions/ea-php74/ci_sessionb79c6e1d62b4888d2d0693d409aa9311b086fdd2): failed to open stream: Disk quota exceeded

Filename: drivers/Session_files_driver.php

Line Number: 172

Backtrace:

File: /home/smkn5mal/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: session_start(): Failed to read session data: user (path: /var/cpanel/php/sessions/ea-php74)

Filename: Session/Session.php

Line Number: 143

Backtrace:

File: /home/smkn5mal/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

SMK Negeri 5 Kota Malang

Detail Berita




Kepala SMKN 5 Malang, Cone Kustarto Arifin sukses membuat motor gede (moge) listrik yang ramah lingkungan.

 Moge itu bakal ikut tampil di acara pemeran Vokasiland yang akan berlangsung di Grand City Mall, Surabaya, Jawa Timur, 28-31 Juli 2022.

Saat dihubungi melalui WhatsApp, Cone mengaku inovasi tersebut dirancang olehnya sejak Maret 2020 dengan kolaborasi teknisi listrik, para guru, dan kriya kayu.

“Untuk urusan desain motor, saya membuatnya sendiri. Ada, beberapa sentuhan kesan vintage terbalut pada motor, seperti ukiran kayu pada bodi dan ukiran pada jok kendaraan.” paparnya, Selasa, (26/07/2022).

Menariknya, inovasi moge listrik milik Cone itu memanfaatkan baterai komputer jinjing bekas sebagai sumber tenaga mesin.

“Motor ini menggunakan model vintage yang memberikan kesan klasik namun menggunakan teknologi kekinian. Karena menggunakan tenaga listrik, yaitu memakai kembali batre-batre laptop bekas yang dikondisikan ulang, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai tenaga yang ramah lingkungan, tanpa asap, tanpa suara dan tanpa bahan bakar.” terang Cone.

Moge tersebut mampu bergerak di angka kecepatan 70 km per jam, dengan lama pengisian ulang baterai kurang lebih selama 2 jam. Bahan rangka moge terdiri dari besi Pipa, plat, dan kayu jati ukiran.

“Body dengan menggunakan kayu jati yang didesain sedemikian rupa dengan mengaplikasikan motif kearifan lokal berupa ukiran-ukiran yang menambah nilai keunikan.” imbuhnya

Moge ramah lingkungan itu memiliki ukuranlebar 750 mm, panjang 2100 mm, tinggi 1030 mm, dilengkapi roda Classic Cruiser R17, X400, dengan shock spriner handmade.

Hingga saat ini, Cone terus berupaya menyempurnakan inovasinya tersebut. “Jika suspensi kenyamanan dan proses pengisian baterai sudah mumpuni, peluang untuk memproduksi lebih banyak tentu akan terbuka lebar,” tandas Kepala Sekolah SMK Negeri 5 Kota Malang itu.

Seiringan dengan itu, pemerintah kabarnya mengupayakan percepatan ekosistem kendaraan motor listrik berbasis baterai. Oleh karenanya, dilansir dari laman vokasi.kemdikbud.go.id pemerintah bakal memperluas pembangunan stasiun pengisian kendaran listrik umum (SPKLU).

artikel ini dikutip dari beritajatim.com pada tanggal 26 juli 2022

Tags: smkn 5 malang, sekolah kreatif anak muda, moge, motor modifikasi, listrik, motor listrik, batteray, inovasi, smk hebat, smk bisa, kreatif