Detail Berita

Jatim Cerdas Expo dan Expose, SMKN 5 Malang Gelar Pameran Karya Siswa dan Guru

SMKN 5 Malang mengadakan pameran bertajuk “Segi Tiga”, Minggu (20/2/2022). Acara yang berlangsung di SMKN 5 Malang di Jalan Piranha Atas menampilkan beberapa karya kerajinan karya murid dan guru.

Kepala SMKN 5 Malang Drs. Cone Kustarto Arifin mengatakan, acara ini menjadi rangkaian kegiatan Jatim Cerdas, Expo dan Expose tahun 2022. Jatim Cerdas merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh SMK CoE maupun SMK Pusat Keunggulan sejak tahun 2021.

"Tahun ini SMK Negeri 5 Malang ditunjuk Dinas Pendidikan Provinsi Jawa timur untuk melaksanakan kegiatan Jatim Cerdas tahun 2022," ucapnya.

Sebagai infomasi, Jatim Cerdas merupakan bagian dari Program Nawa Bakti Satya Propinsi Jawa Timur di masa Pemerintahan Gubernur Khofifah Indar Parawansa. Tujuan dari Jatim Cerdas yaitu untuk mempersiapkan SDM yang unggul dan siap bersaing di dunia industri.

"Tahun ini SMKN 5 Malang yang membawa spirit baru sebagai “Sekolah Kreatif Anak Muda” ditunjuk oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur untuk melaksanakan kegiatan Jatim Cerdas. Kegiatan Jatim
Cerdas di SMK Negeri 5 Malang ini menampilkan karya-karya terbaik dari siswa yang bertajuk Expo dan Expose," terangnya.

Cone Kustarto Arifin menambahkan, kegiatan Jatim Cerdas ini diharapkan dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar dan menghasilkan karya terbaik serta menumbuhkan minat siswa untuk berwirausaha sesuai bidang keahlian yang diminati.

"Sehingga dapat menghapus stigma bahwa lulusan SMK menjadi penghasil pengangguran, tetapi SMK
adalah sekolah pencetak wirausaha hebat di Indonesia," ucapnya.

Karya-karya yang ditampilkan meliputi delapan Kompetensi Keahlian berupa Despro Kriya Batik dan Tekstil, Kriya Keramik, Despro Kriya Kayu dan Rotan, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Komputer Jaringan, Multimedia, Animasi, dan Tata Busana.

Selain di bidang kesenian, SMKN 5 Malang juga menampilkan beberapa pertunjukan dan karya dari kegiatan ekstrakurikuler mereka. Acara tersebut berlangsung hingga hari ini pada Senin (21/02/2022).

Tema pameran adalah “Segi Tiga” yang memiliki filosofi jika manusia belum bisa dikatakan sempurna jika belum mengasai tiga hal yakni agama, ilmu, dan seni.

Heri, sebagai koordinator acara menjelaskan jika ketiga hal tersebut tidak bisa dipisahkan.

“Selain itu, tampilan visual dari pemeran ini sangat matang karena kami ingin pameran ini bisa menjadi sarana belajar bagi siapa saja,” jelas Heri.

Heri menjelaskan jika visualisasi dalam pameran tersebut ditata dan disusun dengan membentuk segi tiga. Kegiatan ini selain antusias diikuti beberapa karya siswa juga menampilka karya guru SMKN 5 Malang, yakni pameran lukis.

artikel ini dikutip dari media Times Indonesia

Tags: Smk Negeri 5 Malang, jatim cerdas, sekolah anak muda,kreatif, pameran, pameran guru, pameran siswa