Disable Preloader

Detail Berita




MALANG - Situasi wabah Covid-19 di Kota Malang masih belum mereda. Melihat kondisi demikian Ikatan Keluarga (IKA) Vohisma SMKN 5 Malang langsung bergerak cepat untuk ikut berkontribusi melawan penyebaran virus tersebut. Dengan penggalangan dana oleh seluruh anggota beberapa waktu lalu, IKA Vohisma, Senin (20/4) menyalurkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) kepada tenaga medis dan paket sembako untuk masyarakat yang terdampak wabah Covid-19.


Anggota IKA Vohisma Ilmiatul Ulya S.Pd., mengatakan, kegiatan tersebut merupakan inisiatif beberapa anggota IKA SMKN 5 Malang karena melihat perkembangan penyebaran wabah Corona yang semakin mengkhawatirkan. Dari aksi sosial tersebut terkumpul sejumlah dana hasil sumbangsih para anggota IKA maupun beberapa pensiunan guru SMKN 5 Malang.
"Selanjutnya, dana yang terkumpul digunakan untuk memesan baju hazmat, membeli masker dan beberapa paket sembako," katanya kepada Malang Post.


Ia menambahkan, total sejumlah 60 APD dan 60 masker disalurkan melalui Dinas Kesehatan Kota Malang. Adapun sisa APD dan masker yang lain, yaitu 5 buah baju Hazmat dan 15 masker, disalurkan kepada Satgas Banser Tanggap Bencana (Bagana) PAC GP. Ansor Lowokwaru Kota Malang sebagai salah satu organisasi yang ikut turun langsung membantu mencegah penyebaran Covid-19.


Yang membanggakan, APD tersebut merupakan hasil produksi dari Jurusan Tata Busana SMKN 5 Malang. Seperti diberitakan Malang Post sebelumnya, APD hasil produksi Kurusan Tata Busana telah terbukti terjamin kualitasnya bahkan telah dipesan oleh beberapa rumah sakit di Kota Malang.
"Adapun APD kita pesan kepada siswa Jurusan Tata Busana SMKN 5 Malang yang tentu dengan pengawasan guru dan sudah sesuai standart pembuatan APD," kata Ilmi.


Usai penyaluran APD, dilanjutkan dengan pembagian paket sembako bagi masyarakat yang terkena dampak ekonomi wabah Covid-19. Pembagian sembako dilaksanakan di sepanjang jalan yang dilalui saat itu, di antaranya kawasan LA Sucipto, Sulfat, Ciliwung, Blimbing, dan kawasan sekitar SMKN 5 Malang.
"Paket sembako diberikan kepada tukang becak, petugas penyeberangan jalan, dan beberapa warga yang dipandang terdampak langsung secara ekonomi atas adanya wabah Corona," ujarnya.


Ilmi menuturkan, dengan melihat situasi wabah yang belum terlihat mereda, IKA Vohisma bahkan mempertimbangkan untuk menggelar kembali kegiatan serupa. Tujuannya sebagai bentuk dukungan kepada seluruh pihak yang berjuang di garis depan penanganan Covid-19 ini maupun pihak yang terdampak langsung dari wabah ini.
"Memang sudah ada usul untuk dilaksanakannya bakti sosial IKA SMKN 5 Malang tahap selanjutnya. Jika memang ada kesempatan, tentu akan kami laksanakan kembali," ungkapnya.


Ia pun berharap IKA Vohisma dapat terus memberikan kontribusi positif yang bermanfaat untuk masyarakat secara umum. Tak lupa Ilmi juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk terus mengikuti imbauan dari pemerintah agar penyebaran virus tidak meluas.
"Harapan kami, seluruh anggota IKA terus turut berpartisipasi pada upaya pemerintah dalam penanggulangan wabah Corona, baik secara individu, sebagai anggota IKA maupun sebagai bagian dari masyarakat luas. Semoga seluruh masyarakat mematuhi himbauan pemerintah dan tenaga medis agar tetap di rumah, menghindari kerumunan, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan," harapnya.

artikel ini telah tayang malang post pada tanggal 21 April 2020 dengan link https://malang-post.com/berita/detail/cegah-covid19-ika-vohisma-smkn-5-malang-sumbang-apd

Tags: cegah Covid, IKA SMK 5 Malang, Sumbang APD