Disable Preloader

Detail Berita


KOTA MALANG – Siang ini (2/10) puluhan produk batik dipamerkan siswa-siswi jurusan Kriya Tekstil SMKN 5 Malang. Mulai dari selendang, dompet, baju, tas, hingga kain batik utuh pun ada.

Produk tersebut dijual dengan harga khusus untuk Hari Batik Nasional saja. Mulai dari harga Rp 10 ribu hingga Rp 100 ribu.

“Yang paling murah ini ada selendang, cuma Rp 10 ribu saja. Kalau kayak dompet ini Rp 20 ribu yang paling mahal kain batik utuh Rp 100 ribu,” kata Bima Sakti, siswa kelas XI Jurusan Kriya Tekstil.

Dijelaskan Bima, kain selendanglah yang paling diminati para siswa SMKN 5 Malang. Disamping murah, penggunaan kain selendang dinilai lebih fleksibel dari pada kain batik tulis.

“Kalau selendang kan bisa di mix and match sama berbagai fashion, jadi anak-anak lebih tertarik sama selendang. Susah banget kalau yang kain batik tulis,” ucapnya.
Selain menjual di dalam sekolah, para siswa juga ditargetkan menjual di luar sekolah. Sebanyak 90 siswa kelas 11 juruan kriya tekstil diwajibkan menjual minimal 1 produk batik karyanya.

“Mereka kami arahkan membuat 2 produk batik. Minimal harus laku 1. Keuntungannya 25 persen untuk mereka sendiri. Mereka juga kan disini belajar cari relasi,” ujar Guru Kriya Tekstil, dra Fitriani.

Tags: hari batik nasional, smkn 5 malang