Disable Preloader

Detail Berita


Bursa Kerja Khusus (BKK) SMKN 5 Malang sukses menggelar Job and Edu Fair, beberapa waktu lalu. Acara yang memertemukan siswa dan alumni SMKN 5 dengan pencari kerja ini baru kali pertama digelar. Sebanyak 17 perusahaan meramaikan agenda tersebut.
Selasa, (30/5/19), ribuan pengunjung memadati area Job and Edu Fair di SMKN 5 Malang. Program dari BKK ini bertujuan untuk mewadahi dan memfasilitasi calon alumni SMKN 5 Malang yang hendak masuk kerja atau melanjutkan studi ke perguruan tinggi.
Ketua BKK SMKN 5 Malang M. Agus Salim S.Pd, mengatakan, digelarnya Job and Edu Fair memberikan akses informasi kepada para calon alumni dan pengunjung pada umumnya.
“Program ini sebagai upaya kami mendekatkan siswa kepada perusahaan bagi mereka yang ingin bekerja dan mendekatkan ke perguruan tinggi bagi yang ingin lanjut studi,” ujarnya.
Ia menambahkan, rata-rata perusahaan yang diundang ke Job and Edu Fair yang baru kali pertama digelar SMKN 5 Malang ini merupakan perusahaan yang sinkron dengan program keahlian siswa yang ada di SMKN 5 Malang. “Memang tidak semuanya sinkron, kami juga undang yang umum sebagai refrensi untuk semua jurusan,” katanya.
BKK juga memberikan akses informasi dunia kerja. Beberapa waktu yang lalu telah dilakukan kerjasama dengan pihak Disnaker. Dengan harapan semakin mempermudahn akses siswa menuju dunia kerja.
“Karena sejauh ini lulusan SMKN 5 paling banyak langsung kerja di industri. 40 persen kerja, 30 persen kuliah dan sisanya membuka usaha sendiri,” papar Agus.
Perusahaan yang menjadi perserta Job Edu Fair tidak seluruhnya langsung melakukan rekrutmen. Hanya beberapa perusahaan yang langsung membuka pendaftaran dan wawancara.
“Untuk sistem dan mekanismenya tergantung kebijakan masing-masing perusahaan,” kata dia.
Agus mengungkapkan, Job and Edu Fair merupakan agenda besar BKK. Selain Job Edu Fair program lain yang menjadi penunjang tugas BKK antara lain menggelar pelatihan atau workshop kerja.
“Yang pernah kami lakukan pelatihan animasi juga pelatihan dengan Ali Baba untuk program RPL. Juga pernah ada program pelatihan dengan Balai Diklat Indonesia,” tuturnya.
Selain itu, BKK juga melakukan kontroling terhadap para alumni. Untuk mengetahui sejauh mana kiprah dan peran alumni di industri. Tugas ini juga bermanfaat untuk update informasi dan update keilmuan agar sekolah tetap mampu menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.
Agus menambahkan, rencana ke depan yang akan dilakukan BKK yakni membangun kerjasama resmi yang dituangkan dalam MoU dengan beberapa perusahaan. Agar program berkala yang dimiliki BKK lebih terarah dan maksimal.
“Semua upaya tersebut untuk membantu calon alumni kita agar mudah mencapai cita-cita yang diinginkan. Baik yang hendak bekerja maupun yang akan melanjutkan ke Perguruan Tinggi,” tandasnya.
Acara Job Edu Fair juga dimeriahkan dengan gelar seni busana kelas XII. Beragam hasil desain busana karya siswa ditampilkan dalam pentas fashion show.
“Ini juga sebagai wadah pengembangan potensi dan eskpresi bagi siswa-siswi kita di jurusan busana,” pungkasnya.

artikel ini telah dimuat di malang post pada tanggal 1 mei 2019 dengan judul  Puluhan Perusahaan Gelar Rekrutmen di SMKN 5

Tags: SMKN 5 Malang, jobfair, edufair, vohisma 2019