Disable Preloader

Detail Berita



Kegiatan Job and Edu Fair 2019 di SMKN 5 Kota Malang dimeriahkan dengan gelar karya siswa Tata Busana dengan tema baju pesta, Selasa (30/4/2019).
Maka di lapangan indoor sekolah disiapkan panggung selain untuk hiburan juga jadi catwalk. Sedang di sekitar panggung ada stand-stand perguruan tinggi dan perusahaan dari berbagai bidang. Dijelaskan Elisa Rosdia, Kepala Bengkel Tata Busana SMKN 5 menjelaskan gelar karya busana pesta itu buatan siswa kelas 12 Tata Busana.

"Mereka mendesain sendiri dan memperagakan. Sedang untuk make up nya, ada yang melakukan sendiri, ada yang memakai MUA (Make Up Artist)," jelas Elisa pada suryamalang.com (grup TribunJatim.com) di sela acara. Jadi tak ada pemakaian model.

Ada 69 siswa kelas 12 Tata Busana yang memperagakan karya mereka. Untuk itu dibagi tujuh jenis warna, seperti biru, merah, hijau, ungu dll. Sofiyatul Nurjannah, menyatakan membuat baju pesta dengan rok bawahan batik dari jarit/seweg (kain panjang) buat gendong bayi.

"Ya biar bisa menekan biaya," kata Sofi. Tak nampak itu jarit gendongan bayi karena motifnya menarik. Sedang kebaya atasannya dari bahan tile polos kemudian diberi mutiara silver dan putih. Lama pengerjaan selama 1,5 bulan. "Ini bisa buat baju pengantin atau baju pesta," kata dia.

Sedang bagian atas kepalanya diberi bando bunga sebagai hiasan di hijab. Kata Elisa, tak ada batasan biaya untuk mewujudkan busana pesta.

"Busana pesta kan kesannya mewah," jawabnya.

Bisa diwujudkan dalam kebaya atau gaun. Dalam gelar karya juga dinilai dua juri. Ia ingin lewat event ini, para siswa bisa PD memperagakan karyanya sebagai siswa SMKN 5.

"Saya juga senang dengan ada moment seperti ini. Bahwa siswa SMKN 5 juga bisa," kata Sofi.

Sementara para siswa kelas 12 mendatangi stand-stand yang ada baik untuk melamar pekerjaan atau ke stand perguruan tinggi seperti STIKI, Unisma, Uwiga, Unmer dll. Sedang stand perusahaan seperti Nelongso dan Indomarco.

"Para siswa memang disarankan mengirim lamaran ke stand-stand yang diminati," jelas Wahyu Andreas, Waka Humas SMKN 5.

Artikel ini telah tayang di Tribunjatim.com pada tanggal 30 april 2019 dengan judul Siswa Tata Busana SMKN 5 Kota Malang Ubah Jarit Gendong Jadi Rok Bawah Buat Pesta, Lihat Kreasinya,

Tags: job and edu fair 2019, vohisma, tata busana, jarit gendang, kreasi