Detail Berita

Safari Milenial Road Safety Festival yang digelar Satlantas Polres Malang Kota, bertempat di gedung Samantha Krida Universitas Brawijaya Malang, dihadiri oleh Kapolres Malang kota, Walikota Malang, pelajar SMA-SMK sekota Malang, serta ribuan komponen masyarakat menjadi sebuah kehormatan dan kesempatan berharga untuk siswa SMK Negeri 5 Malang. Pasalnya, SMK Negeri 5 Malang berkesempatan untuk mengadakan pameran produk karya siswa-siswanya. SMK Negeri 5 Malang merupakan salah satu dari dua sekolah yang diminta untuk mengadakan pameran hasil belajarnya. Jurusan kriya tekstil menjadi yang paling siap untuk melakukan pameran tersebut. Pasalnya jurusan kriya tekstil juga yang telah dengan baik menjalankan program teaching factory.

Puluhan karya siswa jurusan kriya tekstil,  telah dibawa dan ditata dengan baik di salah satu stand pameran yang berlangsung sangat ramai. Telah hadir pimpinan polisi kota Malang, wali Kota, Komunitas otomotif kota Malang, komunitas Difabel Rider Kota Malang dalam Festifal tersebut, dan banyak juga yang mampir untuk melihat karya siswa-siswa SMK Negeri 5 Malang jurusan kriya tekstil. Mereka ada yang memfoto, bertanya proses dan ada juga yang berminat untuk membeli produk tersebut.

“Sebagian besar kerya anak-anak yang terbaik kami bawa. mulai batik, Selendang batik cap, bahan sandang, Sajadah batik printing, dan masih banyak lagi. Dan juga sebuah kehormatan bagi kami dapat menjadi salah satu dari dua sekolah yang ditunjuk untuk mengadakan pamarena di acara tersebut”, tutur Andre selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas SMK Negeri 5 Malang.

Pemeran tersebut dalam proses berjalannya melibatkan dua siswa jurusan kriya tekstil, dimana keduanya memiliki tugas yang saling melengkapi satu-sama lain. Salah satu siswa bertugas untuk mempraktikan cara pembuatan batik, sedangkan yang lain bertugas untuk menerima tamu, mengenalkan produk yang telah disediakan, serta menjawab pertanyaan pengunjung seputar produk tersebut. Karena performa siswa yang ertugas cukup baik sehingga beberapa produk laku terjual, diantara salah satu pengunjung dari pihak kepolisian kota Malang yang sudah tertarik untuk membeli dua lembar sajadah batik pirinting karya siswa-siswa SMK Negeri 5 Malang jurusan Kriya Tekstil.

“Kami bangga dan juga puas dengan antusias para pengunjung pameran ini, semoga kedepannya produk anak-anak bisa lebih baik lagi dan lebih diminati masyarakat luar,” tutur Suroso selaku salah satu guru pembimbing dalam pameran tersebut.

 

Peliput: Dody A. Firnandi

Penulis: Dody A. Firnandi

Tags: tefa, tekstile smkn5 malang, polres malang