Detail Berita

KELAS INDUSTRI yang dilakukan oleh SMK Negeri 5 Malang dalam upaya menyukseskan program revitalisasi SMK dari kementrian sudah berjalan dan terus mengalami perkembangan yang positif. Jurusan Kriya Keramik di SMK Negeri 5 Malang yang ditunjuk langsung oleh kementrian untuk menjadi yang pertama menjalankan salah satu program kelas industri telah menjalankan program tersebut dengan baik serta sesuai dengan target. Banyak produk keramik yang telah dibuat melalui program kelas industri ini.



Selain itu, kerjasama antara Jurusan Kriya Keramik SMK Negeri 5 Malang dengan Industri Keramik “Paulo Keramik” semakin terjalin dengan baik. Pabrik keramik asal Probolinggo “Paulo Keramik” yang telah menandatangani Master of Understanding (MoU) untuk selalu mendukung berjalannya program kelas Industri di jurusan kriya Keramik SMK Negri 5 Malang, sudah banyak memberikan berbagi dukungan. Baru-baru ini bantuan alat untuk kelancaran program tersebut telah digunakan di jurusan Kriya Keramik SMK Negeri 5 Malang. Alat tersebut adalah Jigger and Jolly, yaitu alat untuk memproduksi produk mangkok dan piring keramik. Tentu saja hal itu sangat membantu berjalannya program kelas industri . telah banyak produk mangkok dan piring sudah dibuat, serta baru ini ada 25 buah mangkok soup dan 25 buah mangkok bakso telah berhasil dipasarkan kepada masyarakat umum.

“Dengan bantuan alat zigger and jolly dari Paulo, kami bisa semakin cepat bekerja dan anak-anak akan lebih mudah membuat produk sesuai dengan permintaan pasar dan tujuan kelas industri bisa cepat tercapai” Ujar Icuk, selaku kabeng kriya keramik SMKN 5 Malang. Selain itu, beliau juga menuturkan bahwa kadar kesesuaian produk SMK dengan kualitas industri sudah mencapai perkiraan 75 persen. Hal tersebut tentunya adalah sebuah langkah yang progresif mengingat pelaku pembuat kriya adalah siswa. Produk-produk yang telah dipasarkan tadi juga mendapatkan respon yang cukup baik oleh konsumen. Tidak ada respon negatif yang diutarakan kepada produk.

Berjalannya waktu tiga hingga empat bulan ke depan, tujuan yang akan dicapai adalah pencapaian 100 persen kualitas seperti yang ada pada industri. Sehingga hasil yang akan dicapai akan semakin bisa bersaing dengan pasar. Karena itu, nantinya akan adabeberapa alat bantuan yang telah diajukan sebagai bentu persiapan. Alat tersebut antara lain, mesin pengolah tanah dan roll slide yang akan siap menerima pesanan keramik dalam bentuk apapun.

Peliput : Dody A.

Penulis : Dody A.

Editor  : Ricky Setya P.

Tags: kelas industri, tefa, SMKN 5 Malang