Disable Preloader

Detail Berita

Bursa Kerja Khusus (BKK) SMKN 5 Malang adalah sebuah unit khusus yang berperan aktif untuk menyalurkan tenaga kerja lulusan (alumni) untuk dapat diterima oleh dunia usaha dan dunia Industri (DU DI). Salah satu unit yang menjadi ujung tombak keberhasilan SMK dalam menyalurkan siswake dalam dunia industri. “ Jika lulusan SMKN 5 ingin mencari pekerjaan, ya di BKK SMKN 5 tempatnya. Kami penghubung antara dinas pendidikan dan dinas ketenaga kerjaan perihal terserapnya lulusan kami di dunia kerja (DU DI)”,  tutur Agus Salim Selaku Ketua BKK di SMK Negeri 5 Malang.



Dalam upaya menjalankan programnya (BKK) telah bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan ternama di Indonesia. Seperti saat ini,contohnya, PT. Indomarco Prismatama yang bekerjasama dengan BKK SMK Negeri 5 Malang. Industri tersebut sedang melakukan Tes dan Walk In Interview kepada calon pelamar untuk dijadikan karyawan dengan posisi kasir dan atau pramuniaga di cabang Malang. Kegiatan itu dilaksanakan pada hari ini 27 November 2018 dan akan dilakukan selama satu hari di. Dari pihak PT. Indomarco Prismatama dihadiri oleh Ruli dan Fatur selaku karyawan bidang rekruitmen tenaga kerja.    

Tepatnya di Aula SMK Negeri 5 Malang, tempat kegiatan ini berlangsung, telah dibuka dengan sambutan dari ketua BKK SMK Negeri 5 Malang, Agus Salim. Beliau menegaskan agar para alumni selalu mengikuti perkembangan BKK SMK Negeri 5 Malang, baik di website sekolah maupun sosial media BKK itu sendiri, karena setiap saat selalu akan ada update lowongan pekerjaan, pelatihan,maupun jadwal rekruitmen seperti saat ini dari berbagai perusahaan.



Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan pengantar kerja dari pihak PT. Indomarco Prismatama yang dibawakan langsung oleh bagaian rekruitmen perusahaan tersebut, Ruli. Beliau menjelaskan tentang Perkembangan PT. Indomarco Prismatama selama 30 tahun terakhir, jenjang karir di PT. Indomarco Prismatama, Gaji yang akan didapatkan oleh karyawan, fasilitas – fasilitas kerja yang didapatkan oleh karyawan, konsekuiensi kerja di PT. Indomarco Prismatama, dan juga sistem pelatihan (TC) sebelum benar-benar bekerja di perusaan tersebut.

Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan tes yang dipimpin langsung oleh pihak rekruitmen PT. Indomarco Prismatama, Fatur. Beliau menjelaskan bahwa tes akan terbagi menjadi beberapa sesi. Yang pertama sesi pengumpulan berkas, kedua tes tulis, hingga ketigaadalah tes Interview. Pelamar yang telah dinyatakan lolos tes Interview akan langsung dijdwalkan untuk mengikuti pelatihan kerja (TC) sebelum tanda tangan kontrak dilakukan. Tes dan walk in interview ini diikuti oleh 23 pelamar yang sebagian besar berasal dari alumni SMK Negeri 5 Malang yang baru lulus.

“Kegiatan ini sangat positif dilakukan oleh setiap perusahaan dan sekolah itu sendiri, kami bersedia membantu untuk rekruitmen tenaga kerja lulusan SMK Negeri 5 Malang agar bisa masuk menjadi karyawan di perusahaan kami”, tutur Ruli. “Kami harap kerjasama ini terus berjalan, mengingat cabang Malang masih banyak membutuhkan SDM, jadi rekruitmen akan terus kami lakukan, bila BKK SMK Negeri 5 Malang bisa menyediakan SDM yang berminat untuk bergabung di perusahaan kami, tentunya kami akan bersedia membantu untuk rekruitmen-nya”.

Kegiatan seperti ini tentunya dapat memaksimalkan sistem penyaluran siswa SMK Negeri 5 Malang ke dalam DU DI. Karena kerjasama antara pihak sekolah dengan berbagai dunia Usahan dunia Industri (DU DI), dapat mempermudah calon lulusan untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kompetensinya masing-masing.

 

Peliput  : Dody A. Firnandi
Penulis : Dody A. Firnandi
Editor   : Ricky Setya P.

Tags: BKK SMKN 5, Kerjasama industri, PT Indomarco