Disable Preloader

Detail Berita



SMK Negeri 5 Malang kedatangan Incoming Student (Mahasiswa Negara Asing) program beasiswa. Melalui PPPPTK BOE VEDC Malang, mereka diarahkan untuk mengikuti diklat selama 5 hari di SMK Negeri 5 Malang. Incoming Students tersebut mengikut itraining Seni Keramik. Tujuannya adalah dalam rangka memenuhi tugas belajar bahasa dan budaya Indonesia.            

Kedatangan Incoming Students pada hari Kamis tanggal 5 November 2018 disambut baik oleh Kepala SMK Negeri 5 Malang Drs. M. Mahmudi, M.Pd yang bertempat di ruang Kepala Sekolah sebagai bentuk penghormatan tamu oleh pihak sekolah. Kelima mahasiswa tersebut antara lain, Mrs. Aleksandra Agusciak dari Polandia, Mrs. Nofatihah Nawee dan Mrs. Layla Wayeh dari Thailand, Mr. Eriks Skripsts dari Latvia, dan Mr. Max Rooyackers dari Belanda.Kelima mahasiswa itu didampingi dan dipandu oleh 4 mahasiswa PKL (Praktek Kerja Lapangan) jurusan Sastra Indonesia Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) selama berada di Malang.

Kota Malang adalah salah satu area di Indonesia yang memiliki pendidikan yang tak kalah dibanding daerah-daerah lainnya. Tidak salah jika mereka memilih Malang sebagai destinasi untuk belajar dan menilai budaya Indonesia. Sudah tidak diragukan lagi bahwa Indonesia terkenal dengan adat istiadat dan budaya timurnya. Tradisi yang masih kental dan keragaman budaya serta keramahtamahan dari penduduknya juga menjadi dayatarik tersendiri bagi Incoming Student untuk memilih SMK Negeri 5 Malang. “SMK Negeri 5 adalah pilihan yang tepat karena praktek kerja di jurusan keramik amat menyenangkan dan pastinya dapat banyak ilmu,” ujar Pak Andreas, selaku Waka Humas SMK Negeri 5 Malang.

Selama kurang lebih seminggu mereka melaksanakan kegiatan yang langsung diarahkan oleh guru-guru di PROGLI Kriya Keramik, seperti Pak Icuk, Bu Siti, Pak Ariyono, Pak Sigit, dan Pak Isnur. Banyak juga siswa-siswi yang berinteraksi dengan mereka, mulai dari menyiapkan bahan sampai dengan proses pembuatan.

Selain mendapatkan ilmu pengetahuan baru, mereka juga memperoleh berbagai pengalaman dan juga dapat mengenal keragaman budaya yang ada di Indonesia. “Kelima mahasiswa asing itu merasa antusias sekali dengan kegiatan-kegiatan di TEFA PROGLI Kriya Keramik karena tidak ada di negara mereka, apalagi para guru dan siswa-siswi SMK Negeri 5 Malang ramah- ramah, baikhati, dan menerima kami dengan senang hati, ungkap Desi, mahasiswa pendamping dari UNY.

Tags: SMK 5 MAlang, JURUSAN KERAMIK KEDATANGAN INCOMING STUDENTS